promosi dan segmentasi pasar

Standar

A. Promosi
Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada konsumen dengan tujuan menarik calon konsumen untuk mengkonsumsi dan membelinya. Dengan adanya promosi produsen atau distributor mengharapkan kenaikkan angka penjualan.
Ditambahkan Arlina (2004) mengatakan bahwa salah satu cara yang digunakan produsen untuk meningkatkan hasil produk yaitu melalui kegiatan pemasaran. Tidak dapat dipungkiri bahwa promosi adalah salah satu factor yang diperlukan bagi keberhasilan dan strategi pemasaran yang diterapkan perusahaan terutama disaat informasi berkembangpesat, maka promosi merupakan senjata ampuh bagi perusahaan dalam mengembangkan dan mempertahan kan usaha.
Mempertimbangkan hal tersebut sudah sangat jelas bahwa promosi diperlukan dalam dunia pemasaran suatu perusahaan. Tanpa adanya promosi maka barang atau jasa produsen tidak dapat dikenal konsumen sehingga menurunkan angka penjualan. Media baik elektronik atau cetak merupakan sumber informasi yang mudah terjangkau oleh konsumen. Saat ini seolah – olah sebagian besar masyarakat Indonesia menganggap ini sebagai kebutuhan pokok. Hal tersebut sangat bermanfaat ketika dijadikan sebagai alat promosi.
Banyak sekali tujuan dari promusi yang diharapkan oleh produsen diantaranya adalah sebagai berikut :
a. Memperkenalkan produk atau jasa serta mutunya kepada masyarakat.
b. Memperkenalkan barang dan jasa baru dari suatu perusahaan.
c. Member informasi kepada masyarakat tentang kegunaan dari suatu barang dan jasa serta cara pengunaannya.
d. Untuk meningkatkan angka penjualan.
e. Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelangggan.
f. Membedakan serta mengunggulkan produk yang dimilikinya.
g. Member citra produk dimata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.
Melakukan promosi juga menggunakan sebuah strategi, banmyak strategi yang biasanya dilakukan oleh perusahaan, misalnya melalaui perikalanan, pembicaraan, sms, email dan lain sebagainya.

B. Sengmentasi Pasar
Segmentasi pasar merupakan salah satu langkah pokok dalam menerapkan pasar sasaran. Segmentasi pasar adalah metode kreatif bagiamana memandang pasar. Kegiatan membagi – bagi pasar secara heterogen dari suatu produk kedalam satuan – satuan pasar yang bersifat homogen. Pada dasarnya segmentasi pasar adalah strategi yang didasarkan pada managemen yang orientasinya adalah konsumen. Kagiatan pemasaran dapat dilakukan lebih mengarah dan efektif serta efisien untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
Segmentasi pasar mempunyai perana yang penting dalam marketing yaitu sebagai berikut :
a. Lebih focus masuk kepasar sesuai keunggulan kompetitif perusahaan.
b. Mendapatkan input peta kompetisi dan posisi dipasar.
c. Basis untuk mempersiapkan strategi marketing.
d. Kunci mengalahkan pesaing dengan memandang pasar dari sudut unik yang berbeda.
Cara memandang pasar tersebut pada umumnya adalah sebagai berikut
a. Static
Static merupakan cara memandang pasar berdasarkan geografis dan demografis. Geografis merupakan cara pandang yang meliputi Negara, kawasan, propinsi dan kota. Sedangkan demografi kita memandang pasar dari sudut jenis kelamin, usia, pekerjaan, agama dan pendidikan. Hal ini merujuk kepada data statistic penduduk , pendapatan, rata – rata umur dan pendidikan.
b. Dimamic
Dimanic merupakan cara memandang pasar berdasarkan sifat – sifat dinamis yang mencerminkan karakter pelanggan. Segmentasi tersebut berdasarkan pada perilaku dan psikografi. Berupa kepribadian, sikap, penggunaan, dan respon pelanggan terhadap produk.

C. Hubungan Antara Promosi dan Segmentasi Pasar
Promosi dan segmentasi pasar mempunyai hubungan yang saling berkaitan. Dalam melakukan sebuah promosi harus memperhatikan segmentasi pasar yang ada, sehingga promosi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan dapat berjalan sesuai yang diharapkan perusahaan tersebut. begitu pula segmentasi pasar. Segmentasi pasar menjadi bahan pertimbangan dalam dunia promosi. Promosi yang dilakukan seyogyanya disesuaikan dengan siituasi dan kondisi perusahaan yang kemudian dikombinasikan dengan segmentasi pasar yang dipandang dari berbagai macam sudut pandang, baik sudut pandang konsumen ataupun sudut pandang produsen.
Ketika promosi tidak atau kurang memperhatikan segmentasi pasar maka tujuan perusahan kemungkinan sangat kecil untuk bisa dicapai, Karena kemungkinan besar produsen tidak mampu mengenali sudut pandang konsumen serta tidak mengenali apa kebutuhan dan keinginan konsumen. Sehingga produsen membuat produk yang melimpah akan tetapi hasil yang didapat sangat kecil dan perusahaan mengalami kerugian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s