Liku – Liku Tangga Peran peternakan

Standar

Dunia peternakan selama ini dianggap sebagai dunia yang terpinggirkan oleh berbagai kalangan manusia. Hal ini dapat ditinjau dari sedikitnya peminat dalam peternakan itu sendiri, disamping itu tidak jarang ditemui banyak orang yang berkomentar asal tentang peran dunia peternakan dan cenderung merendahkan bidang ini dibandingkan dengan yang lainnya. Akan tetapi ketika kita mau meninjau dari berbagai macam sudut pandang sebenarnya segala ilmu dalam sebuah bidang itu banyak sekali manfaatnya termasuk juga bidang peternakan ini. Peternakan terdiri dari berbagai produk utama dan samping atau bisa kita sebut dengan limbah. produk utama peternakan diantaranya adalah daging, susu dan telur sedangkan produk samping diantaranya adalah orgam viseral (jerohan), bulu, kulit, ceker, kotoran dan lain sebagainya yang juga bisa kita manfaatkan.

Produk utama peternakan umumnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia seperti daging, susu dan telur yang diolah menjadi aneka ragam produk olahan hasil peternakan baik secara tradisional maupun moderan. Sedangkan produk samping biasanya diolah menjadi aneka produk kerajinan tangan dan asesoris, pakan ternak,  biogas, pupuk dan lain sebagainya. Ketika kita mengetahui bahwa banyak sekali olahan dari produk peternakan yang bisa digunakan oleh manusia maka tidak akan ada kalangan manusia yang merendahkan bidang ini seperti yang ada selama ini.

Hal ini bisa kita ibaratkan seperti tangga. Ketika kita melihat tangga maka semakin tangga itu diatas maka orang yang berada dibawah tangga semakin tidak bisa melihatnya secara jelas sehingga tidak tahu keindahan atau kebobrokan dapal tangga tersebut. Kondisi ini hampir sama dengan kondisi peternakan. Ketika kita ibaratkan peternakan itu adalah tangga, semakin berkembang pesatnya dunia peternakan tetap saja orang yang ada ditangga yang dibawah sendiri tidak bisa melihat hal itu meskipun secara langsung atau tidak langsung mereka merasakan manfaatnya. Hal ini berbeda tatkala orang tersebut melangkah naik tangga melewati lagi satu langkah maka akan mempunyai pandangan yang berbeda.

Liku – liku tangga ini harapannya menjadi pompa bagi warga peternakan untuk selalu upgrade diri untuk senantiasa mengembangkan dan terus mengembangkan dunia peternakan sehingga manfaatnya yang selama ini diambil orang secara langsung dan tidak langsung dapat dirasakan karena yang ada hanya mengambil dan belum merasakannya…..terus berkarya untuk umat dan bangsa

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s