Sejuta Manfaat Dibalik Kulit Singkong….

Standar

Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam. Iklim tropis membuat tanaman dapat tumbuh dengan subur. Salah satu tanaman yang dapat tumbuh subur di indonesia adalah singkong. Singkong dapat ditanam didataran tinggi dan dataran rendah. Selama ini singkong belum dimanfaatkan secara maksimal padahal produksi singkong di indonesia melimpah mencapai 184 juta ton pertahun.

Pemanfaatan singkong selama ini masih cenderung menggunakan cara yang konvensional. Pengolahan  ini menyebabkan nilai ekonomis singkong belum bisa maksimal. Masyarakat biasanya mengolah singkong menjadi gaplek, tepung singkong, keripik, kue dan lain sebagainya. Disamping itu, limbah yang dihasilkan singkong yaitu kulit singkong selama ini belum mendapat pengolahan sehingga perlu pengolahan untuk menambah nilai ekonomis singkong. Hal ini terjadi disebabkan kulit singkong dibuang begitu saja. Adapun beberapa masyarakat yang mengolahnya dengan  mengubah kulit singkong menjadi keripik singkong.

Kulit singkong mengandung HCN (Hydrocyanic acid) adalah senyawa beracun dan memiliki nilai serat kasar tinggi. Hal ini menyebabkan belum bisa dimanfaatkan oleh ternak nonruminansia khususnya unggas sehingga dalam pemberiannya diperlukan pembatasan dalam jumlah tertentu. Pengeringan dengan sinar matahari (Sundrying) merupakan salah satu cara untuk mengurangi kandungan HCN pada kulit singkong. Penambahan probiotik sebagai feed additive dapat mengurangi kandungan serat kasar dalam pakan.

Pemberian feed additive belakangan ini tidak memuaskan karena memiliki efek samping yang kurang baik terhadap ternak dan manusia yang mengkonsumsi hasil ternaknya. Sebagai contoh pemberian antibiotik dapat menyebabkan resistensi terhadap suatu jenis penyakit. Pada saat ini mulai berkembang feed additive jenis baru yaitu probiotik. Probiotik merupakan makanan tambahan yang berupa mikroorganisme hidup baik bakteri maupun kapang yang diberikan melalui ransum atau air minum.

2 responses »

  1. PERNYATAAN INI SANGAT RANCU: JELAS BEDA ANTARA ANTIBIOTIK DAN PROBIOTIK. ANTIBIOTIK MISAL GOL. PENISILIN DLSB. PROBIOTIK MISAL SEJENIS YAKULT
    Pemberian feed additive belakangan ini tidak memuaskan karena memiliki efek samping yang kurang baik terhadap ternak dan manusia yang mengkonsumsi hasil ternaknya. Sebagai contoh pemberian antibiotik dapat menyebabkan resistensi terhadap suatu jenis penyakit. Pada saat ini mulai berkembang feed additive jenis baru yaitu probiotik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s