Penyambutan kedatangan Day Old chickhen (DOC)

Standar

 

DOC (Day Old Chickhen) semua orang pasti mengenalnya. Doc atau yang bisa kita sebut dengan ayam umur sehari ini ya memang sesuai dengan namannya yang dipelihara mulaitelur menetas dan umur satu hari itu pula. Pada umumnya DOC bisa didapatkan dari berbagaimacam multibreeder dengan harga yang relatif naik turun. Sebelum Doc dipelihara maka kita harus menyiapkan tempat untuk kedatangannya. mengapa seperti itu? Hal ini karena DOC selayaknya bayi yang baru lahir dia harus mendapatkan perawatan yang intensif lho jika tidak maka dia akan mengalami kematian. Kalau sudah seperti itu maka kerugian yang akan ditanggung oleh peternak.

langkah pertama yang harus dipersiapkan adalah menyiapkan kandang. kandang harus disiapkan jauh – jauh hari sebelumnya diantaranya adalah membersihkan kandang dan menyucihamakannya. Hal ini bisa dilakukan dengan mengepel kandang, pengapuran kandang, memberikan densifektan atau biasanya digunakan formalin. Selain itu juga harus dipersiapkan peralatan kandang lainnya seperti tempat pakan, tempat minum, brooder dan perlengkapan menunjang lainnya.

Hal penting yang harus diketahui adalah persiapan ini harus dilakukan kurang lebih 1 hari sebelum DOC datang. Untuk menyalakan gas olek kurang lebih 3 jam sebelum DOC datang agar suhunya merata sehingga suhu bisa optimal. Ketika DOC datang maka segera ditimbang dan diberi minum air gula. pakanpun ditaburkan dikandang. hal ini untuk menadaptasikan DOC dengan lingkungan barunya. Kurang lebih umur 2 minggu pertama adalah masa kritis DOC yang berkembang menjadi ayam starter sehingga pengkontrolan suhu harus dilakukan untuk mengoptimalkan pertumbuhan ayam dan meminimalisir terjadinya mortalitas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s