Mendapatkan Pakan ekonomis

Standar

Ransum dapat didefinisikan sebagai campuran dua atau lebih bahan baku ransum yang diformulasikan sedemikian rupa sehingga mengandung nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan ternak untuk aktivitas hidup pokok, produksi dan reproduksi ternak selama 24 jam. Dalam menyusun ransum diperlukan berbagaimacam bahan pakan.

Pakan bagi kehidupan ternak umumnya dikonsumsi untuk memenuhi kegunaan sebagai bahan bakar terhadap zat hidrokarbon dan lemak. Peranan energi yang diperoleh dari makanan berguna untuk pemeliharaan jaringan tubuh, bila ada kelebihan dipergunakan untuk produksi.

Pada usaha peternakan pakan berperan sangat strategis. Ditinjau dari aspek ekonomi, biaya pakan sangat tinggi mencapai 70% dari total produksi. Ditinjau dari aspek biologis, pertumbuhan dan produksi maksimal tercapai bila kualitas dan kuantitas pakan memadai. Produksi efesien akan tercapai bila tersedia pakan murah dan kebutuhan zat-zat makanan terpenuhi.

Untuk mendapatkan pakan murah dengan zat makanan terpenuhi pengetahuan mengenai prinsip-prinsip penyusunan ransum, bahan-bahan pakan dan kebutuhan pakan ternak perlu diketahui peternak. Dengan pengetahuan tersebut peternak mampu merekayasa pakan sesuai tujuan dan kondisi harga-harga bahan serta produk .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s