Profil Desa

Standar

Teringat masa beberapa bulan yang lalu tepatnya kurang lebih agustus 2011 dengan agenda KKN-U di Desa Mlancu. Desa ini merupakan desa yang unik dengan berbagaimacam agama akan tetapi tetap terjaga kerukunan antara umat beragama tersebut. Potensi yang dimiliki sangat beragam mulai dari peternakan, pertanian, industri dan lain sebagainya. Desa Mlancu terletak di Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri Provinsi Jawa Timur. Jarak antara Kecamatan Kandangan dengan Desa Mlancu kurang lebih 8 km ke arah tenggara. Desa Mlancu terbagi menjadi 5 dusun yaitu Dusun Kwaringan, Slumbung, Mlancu, Celeb dan Mloyo. Desa Mlancu memiliki luas 769,710 ha yang terbagi antara lahan milik masyarakat desa dan pemerintah, meliputi sawah 175,780 ha, tegal 377,555 ha, pekarangan 203,185 ha, dan bengkok 13,19 ha.

Masyarakat Desa Mlancu berjumlah 4896 jiwa pada tahun 2010 yang terbagi menjadi 1531 kepala keluarga. Masyarakat Desa Mlancu menganut tiga agama, yaitu Islam, Kristen dan Hindu. Antara umat beragama menjalin kerukunan dan hidup berdampingan dengan baik. Hal ini terbukti dengan terdapatnya tempat peribadatan yang berhadapan antara Masjid, Pura dan Gereja akan tetapi tidak terdapat perselisihan antar umat beragama.

Sumber pendapatan masyarakat didapat dari sektor peternakan dan pertanian, kedua sektor tersebut merupakan sumber pendapatan utama penduduk Desa Mlancu. Selain sektor pertanian dan peternakan, perekonomian di Desa Mlancu juga dikembangkan dengan adanya home industry untuk meningkatkan pendapatan masyarakat Desa Mlancu. Salah satu home industry yang berkembang di Desa Mlancu adalah usaha kripik mbote dan gethuk pisang. Home industry ini dapat membawa keuntungan, yaitu mampu menyerap 23 tenaga kerja dari warga sekitar, serta dapat mengembangkan potensi Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia di Desa tersebut.

Luar biasa sekali untuk desa Mlancu ini. Desa yang cukup berpotensi untuk mandiri dengan berbagai sumber daya alam dan sumber daya manusia yang mendukung. Desa ini bisa menjadi contoh untuk pengembangan desa yang lainnya dengan memnafaatkan segala SDA dan SDM yang ada didesanya. Banyak hal yang bisa diperoleh setelah tinggal disana selama kurang lebih 1 bulan. Pengetahuan tambahan untuk mengembangkan bidang peternakan khususnya banyak diperoleh.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s