Cakrawala peternakan

Standar

Peternakan. Semakin memperdalam dunia ini semakin menarik seiring dengan berkembangnya waktu. Meskipun banyak sekali isu – isu yang terkadang membuat pro dan kontra baik dari kalangan akademik ataupun masyarakat. Sekali lagi hal ini sangat menarik dan memberikan beribu peluang untuk kita bisa terjun kedalamnya. Pelajaran perdana dari sistem produksi peternakan sangat membuka wawasan tentang dunia peternakan. Liku – liku perkembangannya memberikan sebuah tantangan yang cukup menarik. Sistem yang begitu kuat terkadang menguncang beberapa kalangan. Hal ini terkait mulai dari ruminansia sampai nonruminansia.

Pada mulanya pernah terpikir bahawa peternakan mempunyai peluang yang sangat sempit mungkin itu pula yang terpikirkan oleh kebanyakkan orang, akan tetapi itu adalah anggapan yang salah. Peternakan mempunyai peran yang sangat luas serta kompleks. Banyak sekali warna yang ada didalamnya. Mulai dari produksi, nutrisi, pengolahan hasil ternak baik hasil utama atau hasil samping yang sering kita sebut sebagai limbah serta agribisnisnya yang kita kenal dengan sosial ekonomi peternakan. Disini diajarkan berbagai macam hal yang membuat wawasan ini semakin terbuka lebar sehingga menimbulkan sebuah ketertarikan untuk lebih memperdalamnya. Hal inilah yang terkadang tidak atau belum disadari oleh pemula atau orang yang tidak tahu mengenai bidang ini karena kebanyakan yang mereka tahu ketika seseorang belajar peternakan maka hanya akan belajar “ingon ternak saja atau bahaanya hanya memelihara ternak seperti yang kebanyakan dilakukan oleh orang “.

Sempat teringat sebuah kata yang memberikan sebuah wawasan bahwa kebanyakan itu bukanlah suatu hal yang istimewa karena sudah umum atau sudah biasa akan tetapi bagaimana membuat yang umum atau biasa itu menjadi suatu yang unik dan istimewa serta luar biasa itu yang jarang dilakuakan,  disinilah yang bisa dirasakan ketika mulai memperdalam suatu bidang khususnya peternakan. Mungkin bagi mereka yang sudah memperdalam akan mendapatkan suatu ketertarikan serta kenyamanan didalamnya. Sebenarnya hal ini bisa didapat dibidang apapun, memang tidak bisa dipungkiri ketika terkadang memperdalam ilmu suatu bidang khususnya peternakan hanyalah sebuah pelarian semata atau karena tidak diterima dibidang yang lain, ketika memang pada mulanya seperti itu maka nasi telah menjadi bubur dan yang sekarang harus dilakukan adalah membuat bubur itu menjadi bubur yang istimewa bukan menjadi bubur basi yang belum bisa dimanfaatkan oleh manusia dan yang lainnya paling parah diberikan kepada ternak seperti yang kebnayakan orang lakukan itu.

Oleh karena itu mari bersama kita menjadi bubur yang istimewa yang bisa bermanfaat untuk orang lainnya atau bahkan lebih dari itu. Situasi dan kondisi saat ini memerlukan seseorang yang harus memperdalam ilmu dalam suatu bidang khususnya peternakan. Ketika tidak ada seorang yang ahli lagi maka bagaimana nasip ilmu atau bidang itu selanjutnya? itu pertanyaan yang harus kita renungkan dan kita analisa untuk bisa bersama mewujudkan suatu kehidupan yang lebih baik lagi. Hidup ini suatu pilihan maka kita yang harus memilih untuk menempuh jalan yang mana.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s