Standar

Semakin hari secara otomatis usia manusia akan berkurang. Hal ini diiringi pula dengan banyaknya dinamika yang telah dialami sehingga bisa dijadikan sebagai pengalaman hidup ini. Seiring dengan hal tersebut tuntutan untuk bisa beradaptasi dengan orang lain merupakan salah satu point yang perlu mendapat sebuah perhatian. Tidak jarang ditemui banyaknya orang yang tidak “krasan” tinggal disuatu tempat atau komunitas tertentu atau mungkin dikelas tempat belajar dan dibeberapa tempat yang lain. Akan tetapi ada sebuah pertanyaan besar yang sekiranya perlu untuk menjadi bahan renungan bersama yakni “apakah kita akan membiarkan hal ini terjadi secara berangsur – angsur ataukah kita akan menghentikannya?” Pertanyaan tersebut akan direspon bermacam – macam tergantung dengan pihak yang menilai dari sudut pandang mana sekiranya mereka ingin menilai.

Beberapa hal diatas ketika terjadi, maka hal itu adalah suatu hal yang wajar. Mengapa demikian? karena manusia satu sama lain itu berbeda. Hal ini merupakan suatu keunikan dan kebesaran Tuhan Yang maha Esa. Satu jenis manusia akan tetapi mempunyai sifat yang beranekaragam. lalu bagaimana kita akan menghadapi hal ini ?????…. Ada beberapa hal yang mungkin kita bisalalukan untuk meminimalisir hal tersebut sehingga memudahkan kita untuk beradaptasi diantaranya adalah kita belajar mengenal orang lain, ketika sudah kenal maka kita coba untuk pahami maka kita akan mengerti dan bisa menempatkan diri untuk menghadapi orang lain tersebut. Ketika sudah bisa saling memahami maka akan mudah untuk saling tolong menolong saling menasihati untuk bersama menjadi lebih baik lagi.

Ada beberapa hal yang mungkin banyak manusia tidak disadari adalah ” Terlalu membanggakan sifat atau karakter yang selama ini dimilikinya tanpa berfikir lebih jauh apakah hal tersebut bisa diterima sekelilingnya ataukah tidak”. Kenapa kita sebagai manusia tidak mencoba untuk bisa menyesuaikan sifat kita dengan sekeliling kita. saling menghargai satu sama lain bukan menonjolkan egonya. Memang tidak bisa disalahkan ketika terdapat manusia yang bersifat demikian. Karena bagaimanapun juga manusia satu dengan lainnya berasal dari latar belakang yang berbeda – beda dan tidak bisa dipungkiri ketika segala sesuatu yang menempel pada seseorang itu merupakan sebuah salah satu dampak dari lingkungan yang ada disekelilingnya. Hal penting yang perlu menjadi sebuah catatan adalah belajar menghargai satu sama lain, saling menasihati satu sama lain untuk bersama menjadi lebih baik. Belajar untuk merajur semua perbedaan diantara kita. Memang kita beda akan tetapi bukan untuk dibeda – bedakan satu sama lainnya. Mari bersama berlomba – lomba dalam kebaikan untuk bersama menuju Ridlo-Nya…..

2 responses »

  1. 49. Al Hujuraat Manusia diciptakan berbagai
    bangsa untuk saling kenal 13. Hai manusia, sesungguhnya
    Kami menciptakan kamu dari
    seorang laki-laki dan seorang
    perempuan dan menjadikan
    kamu berbangsa – bangsa dan
    bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal.
    Sesungguhnya orang yang
    paling mulia diantara kamu
    disisi Allah ialah orang yang
    paling taqwa diantara kamu.
    Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha
    Mengenal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s