Mengenal Kemitraan Ayam Lokal

Standar

Berbicara tentang kemitraan yang merupakan suatu kerjasama antara inti dan plasma selama ini berkutik pada produksi unggas dalam kategori ayam pedaging dan petelur yang sangat marak sekali. Meskipun disisi lain bnayak pula kemitraan unggas yang lainnya. Kemitraan tersebut merupakan suatu kerjasa sama yang diharapkan dapat memberikan keuntungan kepada kedua belah pihak yakni inti dan plasma. Namun demikian, akhir – akhir ini cukup marak berita tentang ayam lokal. Ayam lokal pada umumnya adalah ayam jenis medium yang bisa menghasilkan daging dan telur akan tetapi tidak sebanyak produksi dari ayam pedaging dan ayam petelur. Pada saat ini yang ada adalah kebnayakan ayam lokal digunakan sebagai ayam hias yang mempunyai nilai jual yang cukup mahal apalagi ketika ayam tersebut sudah menang dalam sebuah kontes. Disamping itu, ada beberapa pihak yang memanfaatkan produksi dari ayam lokal yang berupa daging dan tellurnya sebagai bahan pangan. Pada umumnya harga produksi ayam lokal lebih mahal dibandingkan dengan harga produk yang dihasilkan oleh ayam pedaging dan petelur.

Berdasarkan hasil survey dibeberapa tempat, ternyata minat masyarakat saat ini lebih contoh kepada ayam lokal akan tetapi tetap pula berkembang dalam menggunakan produk ayam pedaging dan ayam petelur. Pada umumnya daging dan telur ayam lokal lebih sering diduplay pada tempat2 makan tertentu. Kemitraan ayam lokal ini sangat mendukung penyediaan dari daging dan telur ayam lokal. Seperti pada kemitraan pada umumnya, pada perusahaan akan menyediakan DOC, pakan dll serta akan menampung hasil panen dari peternak. Disini terdapat beberapa jenis kemitraan yaitu kemitraan yang bersifat lepas dan tidak lepas. Kemitraan lepas merupakan jenis kerjasama antara perusahaan dengan peternak yang mana peternak mengambil hanya DOC pada perusahaan, untuk yang lainnya ditanggung oleh peternak sendiri. Sedangkan kemitraan yang bersifat tidak lepas adalah kemitraan yang mana peternak mengambil DOC, pakan dll diperusahaan dan menyerahkan hasil panen kepada perusahaan. Disisi lain, terdapat pula suatu kerja sama antara antara peternak dengan perusahaan yaitu peternak hanyak menyerahkan hasil panen atau menjualnya kepada perusahaan untuk selnajutnya perusahaan menjadi distribusi.

Pada umumnya kemitraan tersebut ada beberapa alasan selin untuk menyediakan suplay untuk ketersediaan telur dan daging ayam lokal yang bisa dimanfaatkan menjadi berbagai macam produk olahan, maka tujuan tersebut adalah untuk meminimalisir jalur tata niaga dalam usaha. Pada umumnya siklus tata niaga dalam produksi ayam lokal adalah melalui pengepul telur –> jasa penetasan –> pedagang ayam –> peternak –> pedagang ayam –> rumah potong ayam –> konsumen (rumah makan, rumah tangga, supermaket, pasar dll). Alur tersebut begitu panjang. Kepanjangan dari alur tersebut membuat harga jual produksi ayam lokal lebih mahal karena terdapat unsuk finansial untuk penyimpanan , transportasi dan lian sebagainya. Sedangkan jika dibandingkan salah satu contoh kemitraan ayam lokal maka dapat mempunyai jalur tata niaga yaitu pengadaan induk –> penetasan / mitra penetasan–> peternak –> pemotongan –> konsumen. Jalur tata niaga yang lebih pendek tersebut secara tidak langsung mempunyai keuntungan yang lebih jika harga jual sesuai dengan harga pada umumnya dipasaran. Atau paling tidak jalur tersebut dapat menekan harga jual produk menjadi lebih murah dibandingkan dengan harga jual yang lainnya. Mengingat begitu banyaknya manfaat berkaitan tentang ayam lokal maka perlu sekiranya untuk penggalakkan pengalian informasi melalui sebuah riset atau yang lainnya berkaitan dengan ayam lokal tersebut yang merupakan produk asli Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s